Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
SKP (satuan kredit partisipasi)
#1
Skp itu sebenarnya apa ya? kok banyak yang ribut2 seminar untuk ngumpulin skp..... bantu dong
Reply
#2
humm SKP itu sebenarnya untuk membuktikan apakah suatu seminar atau pelatihan tersebut memberikan nilai "pendidikan" bagi para dokter, karena kita para dokter atau dokter gigi, diharuskan untuk belajar walau sudah selesai sekolah.
Makanya ada nama pendidikan dokter berkelanjutan.
Nah sekarang SKP juga di pakai untuk membuat ijin praktek, sebagai bukti dokter tersebut "update" atau tidak.
Nah makanya sekarang anak anak yg baru lulus, pada sering ikutan seminar, buat berburu SKP, biar begitu pengang STR bisa bikin surat ijin praktek.
Mudah mudahan bisa membantu
[Image: aliensign.jpg]
Reply
#3
[Image: smiley_office.gif]
meski istilah kompetensi dimasyarakatkan di dunia pendidikan (baca: guru, dosen, dan pendidik) tapi sebenarnya para deer telah melakukan lebih awal lagi ya bro/sis... krn kita meski bukan pembuat hidup tapi langsung berurusan dengan hidup...
Reply
#4
Kalo statusnya masih koass katanya SKP-nya nggak berlaku ya?
Reply
#5
hmmm ini sekedar bagi-bagi info aja, g sih gak tau basi pa gak hehe... kalo yang udah pada tau..maap maap yahh.. hehe
terus kalo infonya ogut salah, mohon dibenarkan yah.
jadi kemaren itu, ogut ada ikut seminar, n dijelaskan sedikit tentang SKP ini.
SKP memang diperlukan untuk salah satunya ngurus pembaharuan STR/ SIP yang 5 tahun sekali itu loh.
Jumlah SKP yang harus dicapai dalam 5 tahun minimal 92 skp ini untuk salah satu kategori (kalo gak salah inget yah). Nah, tapi bukan berarti tidak ada batas dalam setiap tahunnya... jadi dalam setahun kita hanya boleh maksimal mengumpulkan 18-24 SKP.
Jadi misalnya dalam 1 tahun kita udah kumpulin 100 SKP, nah 100 dikurang 24 itu kan 76.. ini 76 SKP gak bisa dicicil untuk tahun berikutnya, dianggap angus..

coba deh, temen-temen ada yang punya pendapat laen tidak? apa bener yang g bicarakan di atas benar begitu adanya?

Hidden Content:
You must reply to see links
+++ Jazzy Tones +++
Reply
#6
setelah ditelusuri ternyata skp merupakan poin yang dikumpulkan oleh dokter  yang secara kasar digunakan untuk memperpanjang str, idi mengembangkan yang namanya contunious professional development ato program pendiikan kedokteran berkelanjutan (P2KB)... nah si skp2 ini dikumpulkan selama 5 thn(sesuai masa berlaku str) yang nantinya diverivikasi oleh tim P2kB yang nantinya akan dibentuk sampe ke penurus IDI cabang... jumlah skp yang diharapkan terkumpul selama 5 tahun sekitar 250 skp untuk dokter umum...

pertanyaannya dari mana aja skp dikumpulkan? bisa dari seminar, peer review, jd pengurus idi, dari kegiatan sosial kemasyarakatan, ato bisa jg dari jumlah pasien yang kita kerjakan dipraktek... so gak cuma dari seminar aja... sekali2 jalan2 kesitus idi, disitu ada p2kb online... cee u
Reply


Forum Jump: